MAJLIS THARIQAH AHLU DZIKRI

Majlis thariqah Ahlu Dzikri Yogyakarta berdiri tahun 1994, Di  Yogyakarta. Pendiri Thariqah ini adalah shahabat Muhammad Darowi alamat di Jalan Veteran no 1005 Warungboto Yogyakarta, Rt 37 Rw 09.

Pendirinya, sebelum aktif sebagai penggerak thariqah adalah seorang aktifis dan perintis perguruan beladiri Walisongo Garuda Sakti yang berdiri pada tahun 1982 di Yogyakarta, yang perguruan beladiri tersebut hingga kini masih eksis di beberapa wilayah Nusantara.

Majlis Thariqah Ahlu Dzikri adalah jama`ah thariqah yang mengetrapkan pemikiran modern dengan tetap berpegang teguh pada tuntunan Kitabullah dan Sunnah Rasul.

Majlis Thariqah Ahlu Dzikri ( MTAD) berpandangan bahwa Muhammad SAW menerima 2 macam wahyu, yaitu wahyu ke-Nabian dan wahyu ke-Rasulan, sehingga Muhammad SAW adalah Nabi dan Rasul.

Risalah kenabian (nubuwwah) itu adalah ajaran  kerokhanian yang juga beliau ajarkan kepada umatnya, tetapi secara hukum/ syariat tidak bersifat mengikat dan tidak membebani kewajiban kepada umatnya. ajaran kenabian ini hanya membangkitkan kesadaran ruhani umatnya untuk mencapai makom yang terpuji di sisi Allah. Karena itu ajaran kenabian,  harus tetap diajarkan dan dikembangkan karena berfungsi sebagai penyeimbang ajaran ke-Rasulan. Untuk itu perlu adanya habitat bagi tumbuh kembangnya gerakan pembaharuan rohani manusia, habitat itu yang dikenal sebagai organisasi thariqah.

Dalam organisasi thariqah, mempunyai disiplin amalan berupa dzikrullah yang diamalkan secara rutin, baik secara munfarid/sendiri-sendiri maupun secara jamaah. Dengan penghayatan dzikrullah secara ihlas dan istiqamah, diharapkan mampu mencapai makom Ahludz Dzikri, yang disebutkan di dalam Al Quran sebagi orang-orang yang memiliki ilmu hikmah yang tidak diberikan oleh Allah kepada  selainnya.

16 thoughts on “MAJLIS THARIQAH AHLU DZIKRI

  1. Banyak orang yang beragama dan faham agama, tetapi tidak mendapat ilham yang haq dari Allah karena melalikan perintah berdzikir, nabi berkata: “barang siapa dikehendaki Allah beroleh kebaikan maka difahamkan agama (Islam) dan diberi ilham keterangan-keterangan dari sisinya.” dengan dzikir akan bersih hati kita, dengan hati bersih akan mengalirlah ilham dari Allah SWT.

  2. waduhhhhhhh pak,sudah sy niati dr pagi.ternyata Allah b’kehendak lain.sy malam hari ni g bisa hadir…padahal sy kpingin ngaji tp tdi sudah cari tmpat ngaji tapi g ktemu????

  3. assalamu’alaikum…pak darowi mau tanya??
    1.kalau makan makanan dgn wadah orang non moslim tu boleh g??
    2.bolehkah melakukan solat sunat rowatib dgn berjamaah???
    trimakasih pak mungkin itu dulu. maaf merepotkan??

    • wa’alaikumus salam, boleh saja asal sudah dicuci, shalat rawatib itu munfarid/sendirian, bila dilakukan berjama’ah tidak sesuai dengan sunnah rasul saw, jadi jangan dilakukan berjama’ah.

    • Ya sama -sama jadilah kita orang yang suka ilmu, yaitu orang berilmu (‘Aliman), atau belajar ilmu (Muta’alliman), atau pendengar ilamu (mustami’an) atau pecinta ilmu (Muhibban).

    • saya tinggal di Warungboto Umbulharjo, jadi aktifitas kajian saya di Masjid Darul Husna Warungboto, yaitu utara barat perempatan lampu merah Warungboto, kajian tiap malam Jumat 2 minggu sekali, dan malam rabu 1 minggu sekali.

    • di Jakarta belum ada tapi anda bisa mengkordinir penyelenggaraannya, yang penting laksanakan perintah Allah SWT untuk dzikir berjamaah dan sesudah amalan dzikir bisa dilanjutkan kajian tafsir,atau hadits. masalah bacaan dzikir, bisa saya beritahukan lewat email.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s