BERIMAN KEPADA MALAIKAT.

Kehadiran Malaikat Dalam Majlis Dzikir.
Malaikat adalah mahluk Allah SWT, dicipta berasal dari nur atau cahaya, selalu taat dan patuh kepada Allah SWT, tidak pernah ingkar kepada Allah, mempunyai sifat yang berbeda-beda, ada yang belas kasih/ penyayang seperti malaikat Mikail yang bertugas membagi rezeki, ada yang gagah perkasa dan keras sifatnya seperti malaikat Jibril. Dulu ketika Nabi berdakwah di Thaif dimusuhi dan dianiaya penduduknya hingga kaki beliau terkena lemparan batu dan berdarah, saat itu Jibril marah besar dan ingin mengakat gunung untuk menghancurkan penduduk Thaif tetapi Nabi mencegahnya, dan beliau berharap agar anak keturunan penduduk Thaif beriman.
Malaikat mempunyai nama/gelar lain misalnya, Malaikat pencatat amal baik dan buruk yaitu Malaikat Raqib dan “Atid, kedua malaikat ini punya nama lain “Kiraaman Kaatibiin” artinya pencatat amal yang mulia. Jadi ingatlah malaikat ini tidak pernah lengah dalam mencatat ucapan dan perbuatan manusia sekejap saja, semua yang baik maupun yang buruk.
Jumlah dan nama nama malaikat yang sebenarnya tidak hanya 10. Berdasarkan keterangan Nabi SAW ada malaikat yang bernama Sayyarah. Dalam hadits diceritakan Nabi SAW :
Sesungguhnya Allah yang maha Terpuji lagi maha Tinggi, memiliki malaikat yang disebut As Sayyaarah, yang mengutamakan jama’ah dan mencari majlis dzikir. bila ia menemukan majlis dzikir, maka malaikat itu duduk di depan langit dunia dan mengembangkan sayap diantara mereka hingga memenuhi langit bila Dzikir dalam majlis itu usai terbangah mereka ke langit (menghadap Allah), maka Allah ‘Azza wa jalla bertanya, walaupun Dia lebih mengetahui terhadap mereka,“dari mana kalian datang “ ? malaikat menjawab, “kami datang dari tempat hamba-hamba-Mu di bumi, yang memaha sucikanMu, mengagungkanMu, dan meniadakan yang selainMu, dan memujiMu, dan mereka memohon kepadaMu.” Allah berfirman, “ apa yang mereka minta kepadaKu?”. Malaikat menjawab: “ mereka memohon surga kepadaMu.” Allah berfirman, “apakah mereka telah melihat surgaKu”? malaikat menjawab, “ belum wahai Tuhanku”, Allah berfirman,”maka bagaimana bila mereka melihat surgaKu? “malaikat berkata,”mereka akan sangat bersemangat dalam beramal, merekajuga memohon perlindunan kepadaMu”. “Apa yang mereka minta perlindungan kepadaKu?” malaikat mejawab,” dari nerakaMu wahai Tuhan kami.” Maka Allah berfirman, “ telah Aku ampuni mereka dan Aku beri mereka apa yang mereka minta, dan Aku lindungi mereka dari apa yang mereka minta perlindungan.” Berkata malaikat, “ wahai Tuhan kami, diantara mereka itu ada si Fulan, hamba yang berdosa, sungguh ia itu lewat didekat majlis itu, maka ikut duduklah ia bersama mereka.” Allah berfirman, “ dan ia juga telah Aku ampuni, dan Aku ampuni kaum itu, tidak ada celaka dalam majlis mereka itu.” (Hadits riwayat Muslim dari Abi Hurairah). Kitab Shahih Muslim.
Pengalaman Jamaah Dzikir Dihadiri Malaikat.
Tidak setiap kali kita Dzikir berjamaah dapat merasakan atau menyaksikan kehadiran malaikat As Sayyaah ini. Saya behusnuzhan ketika kita tak dapat merasakan atau menyaksikan kehadiran malaikat, mungkin karena kondisi anggota jamaah Dzikir termasuk pemimpinnya yang belum terkondisi untuk itu.
Kehadiran malaikat As Sayarah dalam majlis Dzikir biasanya sesudah bacaan Dzikir mulai dibaca bersama-sama, jarak sekitar 5 s/d 10 menit baru kita rasakan perubahan dari desiran udara lembut yang penuh kedamaian dan kesejukan luarbiasa, aroma bau wangi malaikat yang jauh berbeda dengan wangi-wangian di dunia ini. hal ini dapat di rasakan oleh hampir seluruh peserta majlis Dzikir hingga selesainya amalan. Cuaca alam saat kehadiran malaikat walaupun musim hujan lebat akan menjadi terang (tidak hujan).
Pernah ketika kami satu jamaah mulai berdatangan di Masjid Sebelas Maret Glagah UH Yogyakarta untuk berdzikrullah, ada seorang anggota yang memakai minyak wangi yang begitu harum kami semua yang ada di sekitarnya dapat mencium dan membau aromanya yang begitu harum, saya pikir bagus ini karena memakai minyak wangi itu sunnah dan dapat ikut membau aroma yang wangi.
Ketika kami semua mulai berdzikir berubahlah aroma minyak wangi yang dipakai kawan itu hingga baunya seperti aroma busuk, tak lama kemudian baunya hilang sama sekali dan muncullah bau wangi dari aroma malaikat As Sayyarah hingga selesainya bacaan dzikrullah, sesudah itu minyak wangi kawan tadi tercium bau busuk lagi tetapi tidak lama kira-kira 5 menit, kemudian aroma busuk itu hilang dan muncullah aroma asli dari minyak wangi yang dipakai kawan itu.
Disinilah kita bisa membandingkan aroma wangi malaikat itu bersifat mutlak dan mengalahkan semua wangi-wangian di dunia ini, hal ini tidak bisa banyak dibicarakan bila tidak kita alami secara langsung. Jadi jelas benar apa yang disabdakan Nabi SAW tentang kehadiran malaikat As Sayyarah dalam majlis Dzikir, karena itu mengapa kita tidak mau berjamaah mengamalkan amalan mulia ini ?

3 thoughts on “BERIMAN KEPADA MALAIKAT.

  1. bagaimana bisa merasakan kedatangan malaikat ketika berdzikir. malaikat kan ghoib. ada ketentuan waktunya lagi. 5-10 menit. kenapa gak satu menit kemudian atau satu jam kemudian.

    bisa merasakan kedatangan malaikat
    suasana jd nyaman, jangan2 yg dirasakan AC lagi.
    ada bau wangi, setelah dzikir ada yg semprot minyak wangi kali.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s