Mengapa Masjid Selamat setiap terjadi Bencana ?

Masjid Baitur Rahman Banda Aceh yang selamat dari  bencana gempa dan Tsunami th 2004.

Banyak fakta menunjukkan bahwa masjid selamat dari kejadian bencana yang dahsyat, termasuk beberapa masjid yang ada di Aceh dan sekitarnya karena Masjid adalah rumah milik Allah SWT (baitullah) yang diberkahi, sehingga Allah tidak akan membiarkan   hancur seperti tempat umum lain yang tidak diberkahi.

Fenomena demikian tidak hanya terjadi di Indonesia tetapi juga bencana yang terjadi di Negara lain seperti di Turki misalnya, ketika terjadi gempa semua bangunan rata dengan tanah, kecuali masjid dan madrasah yang dipergunakan untuk mengajarkan ilmu agama. Ketika Turki barat digoncang gempa hebat th 1999 masjid masjid tetap selamat dan  berdiri tegak, gempa yang menghantam  propinsi  Golkok  barat,  yang terletak 60 kilometer dari Istanbul Turki  dengan jumlah korban yang melampaui lebih dari 6000 orang, ribuan orang terluka dan hilang terkubur di bawah puing-puing.

Sebuah Masjid di Golkok  barat, Turki Selamat dari Gempa th 1999.

Aspek Keberkahan.

Fenomena mengapa masjid masjid itu selamat dari bencanan hebat ? Jawabnya : karena tempat itu diberkahi Allah SWT. Berkah artinya diliputi kebaikan, karena banyak dikunjungi untuk ibadah, beramal dan berdzikir yaitu menyebut-nyebut dan memuja muji asma Allah SWT.

Mungkin akan berbeda akibatnya, meskipun itu juga masjid bila tidak difungsikan untuk ibadah dengan baik, masyarakat lingkungan tidak mau memakmurkannya.  Karena itu berkah Allah berkaitan erat dengan bagaimana masjid itu difungsikan secara maksimal. Bila suatu masjid diabaikan oleh masyarakat sekitarnya, akan mengurangi keberkahannya, bahkan hilang berkahnya.

Bahkan rumah tinggal yang tidak termasuk masjid, bila diberkahi insya Allah akan diselamatkan dari bencana yang melanda. Tentu saja rumah itu dihuni orang-orang beriman taat yang suka beramal shalih dan digunakan untuk membaca Al Quran, atau berdzikir kepada Aallah.

Tanda bukti kebenaran Islam.

Aspek lain mengapa  Allah  menyelamatkan masjid dari  gempa bumi ? Hal ini bukan karena bangunannya istimewa hingga berbeda dalam standar konstruksi dan desain arsitekturnya, konstrukasinya biasa saja tetapi tetap berdiri kokoh saat gempa hebat melanda hal ini agar menjadi sebuah pesan bahwa agama Islam ini adalah tempat yang aman bagi semua orang yang mau  mengimani dan mentaatinya  bahkan dengan bahaya yang lebih besar.

Islam adalah agama yang telah dipilih Allah  bagi semua manusia sejak diutusnya Nabi Muhammad saw, jika tidak, mengapa  Allah membiarkan hancur tempat dan rumah-rumah ibadah  selain masjid . Dan juga untuk membantah alasan orang-orang kafir, di hari kiamat, ketika mereka berdalih tidak mau beriman karena tidak pernah mendapat petunjuk kebenaran Islam,   dan selamatnya masjid dari kejadian gemba sebagai bukti ayat Allah yang telah ditunjukkan didepan mata , dilaporkan oleh badan-badan dan media cetak maupun elektronik,  tetapi hati manusia tetap keras  tidak beriman kepada Allah dan Rasul-Nya, maka orang-orang kafir itu dihari kiamat kelak tidak mampu berdalih/beralasan.

Pengalaman Gempa Yogya 2006

Seorang anggota majlis Dzikir “Ahlu Dzikri” bernama Pak Panut, tinggal di utara pasar Induk Giwangan.  Rumah dia ini rumah istimewa, karena tembok-temboknya dibangun tanpa fondasi sama sekali, orang Jawa bilang “hanya dirolak”, yaitu di gali tidak begitu dalam, diberi pasir, kemudian langsung dipasang batu bata merah dengan semen tanpa memakai besi sebagai fondasinya,  banyak tukang batu yang diminta mengerjakan temboknya tetapi menolak karena tidak sesuai dengan konstruksi yang aman.

Akhirnya menemukan orang yang mau mengerjakan, dan rumah tembok sepanjang 16 meter selesai dibangun dan ditempati. Keluarga itu menempati rumahnya dengan aman dan tenteram, hingga terjadi gempa 2006 yang memakan korban meninggal hingga mencapai ribuan orang, demikian juga bangunan-bangunan kuat yang bercor beton bertulang banyak yang jadi puing-puing.

Pagi itu pak Panut baru saja masuk rumah sehabis pulang dari masjid karena lama ia berdzikir sejak bakda subuh hingga menjelang jam 06 00 pagi. Saat gempa dahsyat itu terjadi, ia bertahan di dalam rumahnya yang tanpa fondasi itu sanbil memeluk anaknya yang tidak sempat keluar rumah, ia berkonsentrasi bahkan dengan menahan nafas untuk berdzikir kepada Allah SWT hingga selesai gempa. Alhamdulillah dengan pertolonganNya selamatlah rumahnya tanpa mengalami kerusakan berarti dan tetap ditempati hingga sekarang, hanya saja sekarang sudah diperkuat dengan besi dan beton.   Maha terpujilah Allah yang telah memberi kita  nikmat Islam.

16 thoughts on “Mengapa Masjid Selamat setiap terjadi Bencana ?

  1. idza aroda syaian ayyakuula ” Kun..! fayakun..!!” . masihkah kita kita meragukan kebesaran Allah SWT…??

  2. Maaf saya tidak setuju dengan pernyataan diatas, banyak juga mesjid yang hancur kerna gempa bumi, dll, sedangkan kota suci mekkah saja pernah kebanjiran koq.

    Dan hal itu tidak saja terjadi pada Mesjid, tetapi ada juga gereja yang tidak hancur walau terkena gempa, OK, jadi jangan digeneralisir

    • Saya juga setuju dengan anda. Tetapi perlu anda ingat, tidak ada gereja di aceh yang terletak di daerah garis pantai aceh, gereja itu terletak di pusat kota. jika anda pernah melihat video tsunami aceh di youtube, sebenarnya kota banda aceh tidak terkena dampak langsung tsunami, tetapi kota banda hanya terkena dampak air bah tsunami tersebut atau air sisa tsunami, bahkan air trsebut terjebak di kota dan terhambat sungai besar di kota sehingga air tersebut tidak sampai ke daerah syiahkuala. Dari sini bisa kita simpulkan bahwa masuk akal jika masjid baiturrahman selamat karena air tersebut hanya sampai semata kaki di dalam masjid, begitu juga bangunan lain di kota banda, baik ruko atupun rumah banyak yg tidak rusak karena kota banda tidak terkkena dampak langsung tsunami. Kalau soal mayat, itu hampir semuai mayat dari daerah loknga ataupun ulelee yang terseret hingga ke kota. Jadi wajar wajar aja masjid baiturrahman dan bangunan lain di pusat kota selamat.
      TETAPI,bagimana dengan daerah yg terkena langsung dampak tsunami???????
      Entah anda buta, ataupun tidak dapat membaca, atau jangan2 anda punya riwayat alzheimer/PIKUN, biar saya ingatkan, tidak ada satupun bangunan yg selamat di daerah pinggir pantai loknga ataupun ulelee kecuali MASJID. Ingat… tidak satu bangunanpun, kalau anda punya mata coba anda lihat lagi gambar di google.tidak satu rumah atau bangunanpun yg selamat di loknga ataupun uleele kecuali masjid..
      Jika anda orang yang masih menggunakan logika, saya tanya: bagaimana mungkin itu bisa terjadi? Bahkan jika diukur dari garis pantai, secara matematis ombak tsunami 10x lebih tinggi dari bangunan termasuk masjid, karena di tower PTsemen yg tinggi sekalipun di loknga ditemukan mayat. apakah masih logika masjid teselamatkan dengan tinggi air tersebut? Bahkan kapal pltd apung seberat ribuanton saja bisa terseret 3km jauhnya. Kenapa masjid tidak???. Jika anda melihat masid di daerah loknga maupun ulelee saat kejadian, semua bangunan rata dengan tanah, kenapa masjid tidak???? Anda dapat gila jika memahami hal ini dengan logika manusia, karena terkadang kekuasaan tuhan tidak bisa kita baca hanya bermodalkan logika. Ini murni KEAJABAN DARI ALLAH. Sekaligus BUKTI kebenaran islam.
      SUDAH JELAS BUKTINYA?????. Jadi gunakan logika anda mas irfan, jika anda masih punya logika kalau tidak ya…. apa mau buat.

  3. Ia memang, tp diatas telah dijelaskan bahwa masjid yang hilang berkahnya adalah terkecualian. Di judul diatas juga dipergunakan tanda tanya, jd belum bisa dinyatakan benar.. Lalu tentang mekah. Disini kan tertulis kata Selamat. Mekah selamat dari bencana banjir. Bila artikel ini tertulis ‘Mengapa masjid tidak pernah terkena bencana?’ baru komentar anda berlaku..
    Bacalah dengan teliti, ok

  4. semua adalah kuasa tuhan yang maha esa, makkah kebanjiran itu bukanlah fenomena, masjid dan gereja tak hancur kena bencana itu hal biasa, kenapa karena itu adalah petuntuk dari tuhan agar kita berfikir. kenapa sih kita selalu bilang itu hal yang luar biasa, tapi kita tidak pernah berfikir dan mengambil hikmahnya
    yaalloh sungguh jauh diriku ini denganmu

  5. sungguh maha kuasa Tuhan. tpi kenapa ada musibah di Mekkah kemarin ya???? kasiant kan orang yang brniat baik malah dapat musibah. tidak ada satupun orang yg mengharapkan kjadian tersebut. itu smua kuasa Tuhan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s