PENGELOLAAN LINGKUNGAN ALAM UNTUK KEMAKMURAN RAKYAT.

Lingkungan alam di wilayah NKRI disebutkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 pada Bab XIV yaitu tentang Perekonomian Nasional dan Kesejahteraan Sosial, pasal 33 ayat (3), yang berbunyi; Bumi dan air dan kekayaan alam yang terkandung di dalamnya dikuasai oleh Negara dan dipergunakan untuk sebesar-besar kemakmuran rakyat.
Pasal ini bermakna bahwa pengelolaan lingkungan alam, baik bumi, air dan kekayaan alam adalah milik Negara, dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk memakmurkan rakyat, tidak pandang bulu perbedaan suku, bahasa dan agamanya.
Lingkungan alam karena itu merupakan tempat umum yang berpotensi dan dapat dikembangkan menjadi obyek wisata yang harus dijaga kelestariannya, dan dijaga kemurniannya dari misi agama tertentu. Bila kemurnian misi agama tertentu dibiarkan mendominasi tempat umum, maka dapat mengganggu kenyamanan pemeluk agama lain, bahkan bisa menimbulkan kecemburuan yang dapat mengarah pada kekerasan.
Kita sebagai bagian dari rakyat berkeberatan dan tidak bisa menerima bila tempat-tempat umum, seperti, goa, gunung, pantai dan lain-lain didominasi oleh misi agama tertentu, bukan masalah perijinan, tetapi kembali pada pasal 33 dari UUD 1945 tersebut, yang bertujuan untuk melindungi agar lingkungan alam ini dapat sebesar-besarnya utuk kemakmuran rakyat, tetapi bila tempat itu dikuasai dan didominasi agama tertentu maka, rakyat yang memeliki keyakinan yang berbeda dengan mereka akan di abaikan atau ditinggalkan, hal ini bertentangan dengan prinsip kemakmuran rakyat.
Silahkan perhatikan fakta yang terjadi di lapangan, sebagaimana dimuat sebuah media cetak berikut ini!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s